RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
Stuktur Atom Dan Tabel Periodik Unsur
Satuan Pendidikan : SMA Negeri
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : Kelas X/ Semester I
Materi Pembelajaran : Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
B. KOMPETENSI DASAR
2. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
C. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk
1. Menganalisa tabel atau grafik sifat kepriodikan unsur (jari-jari atom, afinitas electron, energy ionisasi, dan keeletronegatifan).
b. Proses
1. Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nnomor atom melalui diskusi kelompok.
2. Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
2. Psikomotor
1. Kesiapan kelompok penyaji dalam menyajikan materi
2. Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok
3. Afektif
1. Karakter
a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Kognitif
a. produk :
1. Secara mandiri siswa dapat menyebutkan sifat-sifat keperiodikan unsur
2. Dengan berdiskusi siswa dapat menganalisis table atau grafik sifat kepriodikan unsur (jari-jari atom, afinitas electron, energy ionisasi, dan keeletronegatifan).
b. proses
1. siswa menyediakan segala sesuatu yang akan digunakan dalam diskusi kelompok, sehingga masing-masing kelompok mampu aktif dalam diskusi yang dilakukan.
2. Guru sebagai mediator membimbing kegiatan diskusi yang berlangsung
3. Guru memberikan penjelasan tentang sifat-sifat keperiodikan unsur
4. Guru memberikan masalah untuk didiskusikan dalam kelompok yang telah dibentuk tentang materi sifat-sifat keperiodikan unsur
5. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing
2. Psikomotorik
1. Kesiapan dan penguasaan materi dari kelompok penyaji tentang materi sifat-sifat keperiodikan unsur
2. Penyampaian materi yang akurat dan menyeluruh dari kelompok penyaji
3. Keaktifan audience dalam menyimak materi yang disajikan oleh kelompok penyaji
4. Cara menjawab pertanyaan kelompok penyaji dari audience
5. Keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan terhadap penjelasan guru tentang materi sifat-sifat keperiodikan unsur
6. Keaktifan siswa dalam berdiskusi dan dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok tersebut.
3. Afektif
1. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab,hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Sifat-sifat periodic unsure
v Keperiodikan jari-jari atom
v Keperiodikan energy ionisasi
v Energy ionisasi berlanjut
v Afinitas electron
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : Model Pembelajaran Kooperatif
Metode : Diskusi Informasi
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
· Buku siswa
· LKS
· Buku kimia untuk SMA kelas X penerbit Erlangga
H. PROSES BELAJAR MENGAJAR
A. Pertemuan 1 ( 2 X 45 menit)
I. Penilaian
1. Penilaian produk (LP-01)
2. Penilaian Kinerja(LP-02 A dan LP-02B)
3. Penilaian Afektif
Daftar Pustaka
Purba, Michael. 2002. Kimia SMA Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga
Permana, Deddy.2006. Inti Sari Kimia Untuk SMA. Bandung: Pustaka Setia
Sofyantiningrum,Etty.,dkk.2007.Sains Kimia 1 SMA/MA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara
LKS SMA (sifat-sifat keperiodikan unsur)
LKS SMA (sifat-sifat keperiodikan unsur)
1. Bertambahnya kereaktifan unsure-unsur alkali menurut urutan Li, Na, dan K disebabkan oleh bertambahnya
a. Jumlah electron
b. Nomor atom
c. Jari-jari atom
d. Jumlah proton
e. Massa atom
2. Jika nomor atom dalam satu golongan makin kecil, maka yang bertambah besar adalah
a. Jari-jari atom
b. Massa atom
c. Jumlah electron valensi
d. Sifat logam
e. Energy ionisasi
3. Manakah konfigurasi electron dari unsure yang memiliki keelektronegatifan terbesar ?
a. 2,5
b. 2,7
c. 2,8
d. 2,8,1
e. 2,8,8
4. Energy ionisasi terbesar dimiliki oleh…
a. Helium
b. Argon
c. Natrium
d. Neon
e. Kalium
5. Atom unsure yang mempunyai afinitas electron terbesar adalah atom unsure dengan nomor atom
a. 7
b. 8
c. 9
d. 10
e. 11
Kunci Jawaban LKS
1. c
2. e
3. b
4. c
5. d
LP-2A
Format Penilaian Kinerja
Rubrik : Rubrik ini digunakan sebagai acuan untuk menilai kinerja siswa pada waktu mengerjakan tugas-tugas dan kerja ilmiah
Lembar Penilaian Kinerja
No | Nama Siswa | Tugas | Kerja Ilmiah | Diskusi | ||||||||||||
| | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
7 | | | | | | | | | | | | | | | | |
8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
LP-2B
LEMBAR PENILAIAN DISKUSI DAN PRESENTASI
Rubrik : Digunakan untuk menilai kegiatan diskusi
Nilai 5 : Bila siswa berperan aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, mampu mengajukan pertanyaan tingkat tinggi dan ide-ide baru.
Nilai 4 : Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, mampu mengajukan pertanyaan tingkat tinggi tapi tidak ada ide baru.
Nilai 3 : Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, mampu mengajukan pertanyaan tingkat rendah.
Nilai 2 : Siswa kurang aktif dalam diskusi hanya sesekali bertanya.
Nilai 1 : Siswa pasif dan tidak mengajukan pertanyaan maupun memberikan jawaban.
Lembar Penilaian Diskusi dan Presentasi
No | Nama Siswa | Tugas | Kerja Ilmiah | Diskusi | ||||||||||||
| | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
7 | | | | | | | | | | | | | | | | |
8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
9 | | | | | | | | | | | | | | | | |
10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
11 | | | | | | | | | | | | | | | | |
LP-03
PENILAIAN AFEKTIF
Lembar ini disusun untuk mengetahui sikap siswa selama mengikuti pembelajaran kimia.
Nama : .........................
No. | Aspek Sikap | Skala sikap | ||||
| | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Karakter | | | | | | |
1 | Logis | | | | | |
| Berpendapat yang didasari argumen | | | | | |
Membuat hubungan sebab akibat | | | | | | |
Aktivitas yang dilakukan mempunyai tujuan yang jelas | | | | | | |
2 | Berfikir kreatif | | | | | |
| Melakukan tindakan yang bersifat analisis | | | | | |
Melakukan tindakan yang bersifat sintesis | | | | | | |
Mampu menentukan pilihan yang dianggap paling baik | | | | | | |
Mampu menciptakan laternatif yang lebih baik | | | | | | |
3 | Jujur | | | | | |
| Melakukan kegiatan (mengamati, mencatat, | | | | | |
menyimpulkan-keterampilan proses dengan obyektif | | | | | | |
Berargumen secara obyektif | | | | | | |
4 | Bekerja teliti | | | | | |
5 | Bertanggung jawab | | | | | |
6 | Peduli | | | | | |
7 | Berperilaku santun | | | | | |
Keterampilan sosial | | | | | | |
1 | Berkerjasama | | | | | |
2 | Menyampaikan pendapat | | | | | |
3 | Menjadi pendengar yang baik | | | | | |
4 | Menanggapi pendapat orang lain | | | | | |
LP-03
PENILAIAN AFEKTIF
Lembar ini disusun untuk mengetahui sikap siswa selama mengikuti pembelajaran kimia.
Nama : .........................